Blogger VS Youtuber? Mana Yang Masih Prospek Untuk 2019 Keatas?

Blogger VS Youtuber, djanarkos.com - Tahun 2019 ini adalah masa masa berat buat para article creator (Blogger) khususnya yang blog / websitenya mempunyai target lokal Indonsesia, karena kebanyakan masyarakat mungkin lebih memilih menonton dari pada membaca sebuah tutorial atau informasi yang sedang hangat.

Tapi apakah hal itu membuat artikel artikel di internet menjadi menurun peminatnya? Saya sendiri akan jawab antara iya dan tidak, karena ada beberapa artikel saya yang memang turun drastis pembacanya, ambil saja contoh "Cara Root HP" kebanyakan saat ini orang lebih ngeuh ketika dia melihat tutorial langsung beserta video agar lebih mudah di pahami.

Tapi jika dibilang menurun tidak juga, karena artikel saya yang lain malah naik trafiknya seperti contoh artikel yang membahas tentang optimasi blog atau video youtube, karena saya yakin masih banyak orang indonesia yang lebih suka membaca dari pada menonton video.

Saya sendiri punya channel, namun channel tersebut cuman untuk penunjang blog saja, bisa dibilang channel tersebut berisi bahasan yang sama di artikel namun berupa video, dan saya juga tidak melakukan optimasi apapun di vieo youtube saya, jadi saya masih belum srek untuk main youtube.

Kembali ke topik awal, Blogger dan Youtuber mana yang masih menghasilkan untuk ke depannya? Saya akan berikan penjabaran secara singkat dan jelas di bawah ini, ya buat iseng isengan aja siapa tau kamu bingung pengen cari uang dari internet tapi dilema ngeblog atau youtube (Sama sama adsense).

Statistik Peminat / Pengguna Blogger


Statistik pengguna dan pembaca blog tahun 2019
Statistik kasaran

Dari statistik kasaran diatas bisa dibilang memang pembaca menurun di tahun 2016, tapi masih wajar lah ya penurunan seperti itu, penurunan yang tajam terjadi di tahun 2018 dan 2019 yang mana seperti kita tahu tahun itu adlah tahun kejayaan dari youtube, yang bisa dibilang di youtube semua ada hehe

Terus apakah masih prospek menjadi blogger di tahun sekarang atau 2010 keatas mendatang? Jawabannya Maih ! , karena semakin banyak article creator beralih menjadi youtube creator semakin besar peluang kita untuk meraup trafik sebanyak banyaknya, karena kompetitor kita semakin sedikit.

Nah disini saya juga mau tegaskan meskipun tidak menutup kemungkinan besok besok saya bikin youtube saya bilang saya tidak akan berhenti mengetik di blog saya jika memang tidak ada halangan, karena saya cinta dengan hobi ini (Meskipun akhir akhir ini hobi saya tertuju pada dapatnya adsense yang banyak haha).

Halangan yang mungkin timbul ketika baru mulai ngeblog di tahun ini


Semua kegiatan pasti ada halangan dan rintangan tersendiri, yang pertama sudah pasti nanti google akan update algoritma mesin pencari berulang ulang dikarenakan menyesuaikan hasil pencarian agar seimbang antara artikel dan video, seperti yang kita tahu video pun kini bisa masuk di google bahkan bisa urutan atas sendiri.

Yang kedua adalah berkurangnya niche / tema yang akan kamu usung di blogmu, karena ada beberapa tema yang memang sekarang juarang sekali di baca tapi lebih enak ditonton, nanti akan saya bahas masalah niche yang gak cocok untuk thun 2019 ke atas.

Yang ketiga, ini halangan untuk orang yang sedang ingin cari duit di blogger, pengiklan kemungkinan besar lebih prefer spend money di youtube dari pada di blog, karena video dan interaski langsung dengan penonton. Tapi ini kembali lagi ke pengiklan sih, pastinya pengiklan sangat tahu target mereka. 

Note : Karena akhir akhir ini blog saya jarang keluar iklannya, ini asumsi saya sendiri jika pengiklan lebih suka di youtube daripada di blog.

Statistik Peminat / Pengguna Youtube


Kalau ini gak perlu saya beri tabel ya, karena sangat mudah di ucapkan, intinya semenjak youtube lahir tidak ada penurunan pengguna yang signifikan, bahkan mulai tahun 2017, 2018, 2019 youtube meningkat secara gak wajar -_-

Untuk prospek ke depan sudah pasti masih jelas lah ya, tapi jika mulai dari sekarang youtube punya banyak aturan seperti 1000 subscriber dab 4000 jam tayang channel baru bisa menghasilkan uang (Itupun kalau di aprove pengajuannya)

Gak banyak sih yang bisa saya suguhkan tentang youtube karena saya sendiri belum paham paham banget peryoutubean, intinya bagus lah buat media promosi atau memang media hiburan. Ya doakan saja saya bisa buat channel dan di approve haha

Halangan yang mungkin kamu hadapi ketika baru mulai ngeyoutube di tahun 2019, 2010 dan seterusnya



Halangan pertama yang paling nyata adalah meningkatnya kompetitor, kalau ini jelas ya, bahkan anak kecil aja sekarang banyak yang cita citanya jadi youtuber, jadi kamu harus sanggup menyuguhkan hal yang menarik jika memang ingin bersaing dengan para youtuber lain.

Yang kedua, kurangnya ide. Semakin banyak kompetitor semakin sempit ide yang bisa di dapat, jangan sampai kamu nanti jadi youtuber yang hari harinya sibuk dengan ngereact video orang ya hehe (Nanti jadi keliatan banget kamu kurang kreatif dan kurang bahan konten) kalau bisa jadilah youtuber yang nantinya di react orang banyak,

Yang ketiga, ini saya tujukan kepada sobat missqueen seperti saya, karena alat tempur untuk buat video yang bagus itu butuh duit, beli kamera, PC, mic dll. Karena kalau pakai alat seadanya nanti malah kalah sama youtuber lainnya, boleh sih pakai alat seadanya dulu, tapi kalau bisa lebih bagus dan ada duitnya kenapa tidak.

Kesimpulan Youtuber VS Blogger , Pilih Mana?


Kalau saya pribadi masih Blogger, tapi saya yakin banyak diantara kalian yang lebih prefer ke youtube kan? Nah oleh karena itu jemput rejeki dan kesuksesan dengan jalan masing masing saja deh. Tapi saya juga pengen sih jadi youtuber? Gimana kalau 2 2 nya kita sikat? hehe

Ya bisa dibilang kenapa harus Youtuber VS Blogger sih? Kenapa gak Youtuber Ft. Blogger kan lebih bagus dan kamu bisa menambah banyak ilmu, apalagi jika google itu suka konten yang kaya akan informasi, jadi jika kamu blogger dan informasi kamu bagus dijadikan video ya silahkan tambahkan saja link youtube kamu di blog kamu, dan sebaliknya jika video kamu memerlukan penjabaran melalui tulisan ya beri saja link blog kamu di deskripsi.

Jadi kalau kamu pilih apa?

0 Response to "Blogger VS Youtuber? Mana Yang Masih Prospek Untuk 2019 Keatas?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai isi Artikel :)