Apa Itu Unlock Bootloader? Beserta Keuntungan Dan Kerugiannya

Apa itu unlock Bootloader? - Unlock Bootloader adalah suatu cara merubah bootloader bawaan hp menjadi custom untuk merubah dan menambah fitur di recovery mode. Nah jadi pada dasarnya semua android sudah ada Bootloadernya yang biasa kita sebut recovery mode, terus kenapa kok malah di unlock? Karena fitur yang ada di recovery mode masih kurang lengkap tentunya.

Setelah Unlock Bootloader kita biasanya menggunakan TWRP untuk menggantikan recovery mode bawaan hp androidnya, kenapa harus TWRP? Karena fiturnya lebih banyak dan lebih mudah digunakan untuk install suatu tools (Root HP, Custom ROM, DLL). Dan lagi, beberapa hp biasanya tidak perlu unlock bootloader terlebih dahulu jika ingin install TWRP.

Untuk cara unlock bootloader nanti saya akan kasih tutorialnya di lain artikel aja ya, karena disini saya khusus membahas fungsi dan keuntungan kerugian unlock bootloader saja, sampai disini saya rasa kamu sudah ngeuh ya tentang unlock bootloader ini? Sekarang ganti ke topik selanjutnya

Tamabahan : Unlock Bootloader ini bukan sebuah tindakan Ilegal, dikarenakan dari pihak merk hp tersebut sendiri biasanya menyediakan aplikasi untuk unlock bootloadernya, dengan catatan pihak yang mempunyai merk tidak bertanggung jawab lagi atas kesalahan, kehilangan data, peretasan terhadap hp tersebut.

Keuntungan Unlock Bootloader

Keuntungan Unlock Bootloader


1. Menambah Fitur Recovery Mode


Seperti yang saya jelaskan diatas, dengan menambahkan TWRP berarti kamu sudah bisa menginstall aplikasi atau tools yang harusnya menggunakan PC menjadi lebih mudah hanya dengan cara masuk menu TWRP, Intinya kamu sudah tidak memerlukan PC lagi jika ingin install sesuatu.

2. Root HP


Unlock Bootloader bisa dibilang pintu masuk buat kamu yang suka oprek hp, karena kamu bisa root hp kamu dan install tools tools yang berguna untuk menambah peroforma hp kamu. Karena beberapa aplikasi yang mempunyai fitur bagus harus meminta izin root untuk menjalankannya. Kamu juga bisa baca keuntungan dan kerugian hp di root, supaya menambah wawasan kamu hehe

3. Custom ROM Lebih Mudah


Jika kamu orangnya bosenan atau orang yang selalu pengen mencoba hal baru kamu wajib Unlock Bootloader, dikarenakan kamu bisa gonta ganti ROM bawaan hp kamu menjadi ROM lain, misalnya kamu bisa install custom rom untuk android yang lebih tinggi versinya (Meskipun dari hp kamu belum mendapatkan pemberitahuan update OS). Bahkan kamu juga bisa mencoba ROM merk hp lain, misal kamu pengguna Asus, kamu bisa install ROM kepunyaan Samsung lo. Keren kan?

4. Flashing Lebih Mudah


Pernah gak kamu ngalamin hp kamu ketika dinyalain cuman bengong aja di tanda logo tapi gak masuk masuk? Nah ketika bootloop seperti itu dan hp kamu sudah pernah install TWRP kamu jadi gak bingung lagi, langsung saja flash via hp (Tanpa PC) Keren kan?

Dan kamu bisa recovery mode atau hard reset android kamu agar tidak bootloop, dengan resiko semua data dan aplikasi terinstall di hp kamu hilang semua ya, mending hilang data sih daripada hp gak bisa dipake hehe

Kerugian Unlock Bootloader


1. Garansi Akan Hilang


Kalau kamu yang baru aja beli HP saya saranin jangan dulu di Unlock Bootloader, tunggu mas garansi habis saja dulu, karena ditakutkan jika sudah di Unlock Bootloader hp ada masalah, alhasil kamu gak bisa claim garansimu. Nikmatin aja hp barumu jangan keburu buru untuk oprek dan root hehe

2. Tidak Ada Perlindungan Dari Pihak Brand


Seperti tambahan saya diatas, kamu sudah di cuekin sama pihak brand hp kamu, dan pihak brand gak mau tau lagi hp yang kamu gunakan itu bakal kamu apakan, nah untuk yang satu ini gak peduli lah ya mau di cuekin atau gak, yang penting bisa unlock bootloader

3. Keamanan Sistem Menjadi Lebih Rentan


Di awal kamu mengunlock bootloader kamu akan diberi tahu jika pihak brand sudah tidak lagi turut andil untuk mengmankan data pengguna, jadi disini bisa dibilang kamu harus tau mana yang baik dan mana yang buruk agar data di hp kamu tetap aman.

4. Tidak Mendapat Update OS


Ada beberapa hp yang setelah unlock bootloader auto update software nya langsung mati, jadi kamu gak bisa update software lagi dari pihak resminya, tapi kalau sudah unlock bootloader kamu bisa update secara manual sih lewat TWRP, jadi sama saja. Yang bikin gak sama ya kalau hp belum di unlock akan mendapatkan pemberitahuan update secara langsung, kalau sudah unlock kamu cari cari dulu file zip nya untuk di install.

5. Bootloop


Banyak juga kasus ketika orang melakukan unlock bootloader hp nya malah gak bisa masuk lagi, stuck saja di logo. Nah untuk disini penanganannya bisa berbeda beda, bisa mudah bisa saja susah. Jadi usahakan kamu benar benar tahu terlebih dahulu proses melakukan Unlock Bootloader dan memasang twrp nya.

Kesimpulan...

Dari pengertian yang saya berikan di atas kamu prefer yang mana? Kalau saya sih Pilih Unlock Bootloader ya, bahkan saya beli hp baru 1 minggu saja sudah saya unlock bootloader, masa bodoh lah ya sama garansi. Tapi saya gak menyuruh kamu ngelakuin hal yang sama, mending tunggu aja garansi sampek abis dulu.

Kenapa lebih pilih unlock bootloader? Kalau jawaban saya pribadi sih dikarenakan lebih ke arah user experience aja ya, masa punya hp cuman gitu gitu aja buat wa , game dll, ya harus oprek dikit dikit lah ya, karena kalau sudah di root hp kamu 100% bisa dirubah dari segi semuanya.

Ya gitu saja sharing saya kali ini tentang serba serbi Unlock Bootloader di hp android, ambil saja keputusan yang bagus, dan Do It With Your Own Risk, kalau kamu memang suka oprek ya saya sarankan gas saja hehe.

Termakasih !