Pengalaman Pergi Ke Gunung Ijen Untuk Melihat Kawah Biru (Bluefire)

Ahmad Ivandi , Pengalaman Ke Kawah Ijen Malang Dieng - Disini penulis akan bercerita pengalaman ke tempat wisata Gunung Ijen yang terletak di Kabupaten dan Kabupaten Banyuwangi , Jawa Timur (Wikipedia). Yuk simak keseruannya !

Bluefire

Saat itu saya dan kelima teman saya ingin merencanakan refreshing ke gunung ijen pikiran saya "wah enak nih mbolang ke gunung" fix lah rencana rekreasi muncak ke kawah ijen. Saat rembukan dengan kelima teman saya, satu orang di fix kan iuran 75 ribu untuk keperluan beli bensin mobil, nitrogen ban mobil, makan 1× dan masuk ke kawasan gunung ijen

Rencana hari sabtu, 3 november 2018 pagi berangkat dari rumah, saat hari jumat senang bukan main saya (ya karena pertama kali muncak ke gunung) jumat malam pulang bermain langsung prepare barang barang yang saya perlukan, pikiran saya "ke gunung kan biasanya bawa tas carier dan isinya banyak saya bawalah barang yang saya perlukan , lumayan banyak sih kan mau ke gunung hehe" selesai prepare istirahat saya dengan teman yang menginap kerumah.

Tibalah hari jumat senang bukan main saya, pagi jam 06.00 langsung kerumah teman saya dengan membawa tas carier yang besar. berkumpulah saya dengan kelima teman saya, Berangkat setelah 9 jam sampai banyuwangi isomalah saya dan teman teman(istirahat,sholat,makan). Selesai isoma lanjut berangkat lagi, diperjalanan yahh menghibur diri dengan bernyanyi (guyon guyon) setelah 2 jam sampai lah dikawah ijen selesai parkir langsung mendirikan tenda selama 30 menitan.

Sekitar jam 15.00 "yah namanya baru nyampek capeklah pasti saya dan teman teman" (ada yang tidur, masak mie, mandi , sholat, jalan jalan) selesai itu sekitar jam 20.00 saya dan teman teman mencari kayu dideket deket tenda dan lumayan banyak dapat kayu ,bakar bakar lah saya dan teman teman ada juga sih pendaki lain yang ikut ke pengapian grub saya disitulah saya dan teman teman ( guyon guyon, gila gila an, menghayal)

Sesudah itu jam 22.00 tidur sampai dengan jam 00.00 bangun persiapan naik ke puncak jam 45.00 dan disitulah saya bingung pikiran saya ya naik gunung kan biasanya bawa tas carier yang besar ternyata pas naik cuma bawa tas satu isi makan sama minum trus pas muncak saya kira jalur nya seperti adventure adventure gitu ternyata salah pikiran saya pas dibuka jalur pendakiannya sudah ada jalan nya sendiri gitu dan jalan nya lumayan bagus dan satu lagi yang muncak seperti karnaval rame banget banget pokok nya yaudah lah mulai jalan saya dan teman teman tapi banyak sih rintangan rintangan salah satu nya ditengah perjalanan jalannya nanjak banget saya dan teman teman gantian ndorong teman yang gendut hehe 1 2 sampai 3 jam sampailah dipuncak jam 03.15 "meskipun banyak istirahat nya " tujuan saya dan teman teman dipuncak langsung menuju bluefire meskipun harus nyewa masker biar nggak kena blerang(harga masker 25 rb).

Agak kecewa sih soalnya bluefire nya kelihatan sedikitt tapi gapapalah selesai lihat bluefire sekitar jam 05.00 saya dan teman teman foto foto dikawah " ya namanya aja anak muda hehe" jam 06.00 selasai foto langsung naik ke puncak posisi saya masih dideket kawah, sampai atas langsung turun dari puncak ditengah perjalanan saya dan teman istirahat karena lelah dan disitulah keisengan teman saya sama bule hongkong mau minta foto bareng eh bule nya ngira minta tolong fotoin saya dan teman teman yaudahlah difoto lah saya dan teman teman sama bule itu hehe "btw fotonya bagus loh" selesai itu, turun lagi sampai tenda sekitar jam 07.00 .

Istirahat sebentar dan langsung masak nasi, mie sama nuget, 2x masak mie nggak jadi ketiga kalinya udah nggak mikir jadi nggak jadi harus dimakan, alhamdulilah lumayan jadi nasinya sarapan pagi lah saya dan teman teman istilah jawa nya " Gembul "hehe. sesudah sarapan beres beres barang bawa an termasuk tenda dan lain lain. selesai beres beres jam 07.30 pagi, langsung ngerapiin barang dimobil jam 07.45 langsung meluncur ke malang sekitar 8 jam sampai dirumah sekitar pukul 16.00 tanggal 5 november 2018 sampai rumah . btw pulang langsung tidur hehe Disitulah banyak pengalaman dan keseruan dari cerita saya pertama kali muncak ke gunung.

Tambahan :

Tips Tips Sebelum Melakukan Perjalanan (Camping) Di Gunung Ijen

1. Pergi saat cuaca bagus

Hal ini sangat penting dikarenakan kawah ijen ada kalanya mengeluarkan banyak bluefire, karena kurang afdol kalau ke kawah ijen tapi tidak melihat bluefire secara jelas. Terlebih sangat tidak enak keika mendaki ketika cuaca hujan, selain membahayakan kamu juga butuh tenaga extra dalam perjalanan karena track yang licin.

2. Bawah Persediaan Yang cukup

Pernah gak kamu ketika ngecamp di gunung atau pantai terus kehabisan makanan dan minuman? Gimana rasanya? Tersiksa kan? hehe. Jadi usahakan persediaan kamu cukup sesuai perkiraan berapa lama kamu nginep di gunung itu. Karena naik gunung itu butuh tenaga extra.

3. Kondisi Tubuh

Suhu di sekitaran rumahmu akan sangat jauh berbeda di gunung / pantai, maka dari itu cek kondisimu terlebih dahulu sebelum memutuskan untu pergi ke gunung (Kawah Ijen). Hanya kamu yang tau kondisimu saat ini, jadi jangan sungkan ke teman temanmu untuk bilang "Tidak, aku tidak ikut !" kalau memang kamu merasa tubuhmu lagi kurang fit.

Penutup..

Nah itulah pengalaman Ahmad Ivandi Ketika hendak refreshing ke kawah ijen dan melihat bluefire. Semoga pengalaman tersebut bisa di ambil sisi positifnya untuk semua orang yang juga mau ke kawah ijen. Lagian kawah ijen kalau malem memang keren ! Gak nyesel dan gak terlupakan deh ke kawah ijen, dan pastinya kalau ada waktu akan kembali kesana !