6 Cara Mencari Ide Bisnis Untuk Yang Mau Membuka Usaha

Bagaimana sebuah ide bisnis dapat diperoleh - Untuk kamu yang saat ini sedang mencari pandangan untuk rekomndasi bisnis terbaik di tahun 2019 ini tak perlu bingung, karena di tahun 2019 ini semua sarana dan prasarana sudah lengkap untuk melakukan riset riset. Bahkan kamu cukup diam di kamar pun akan mendapatkan pandangan dan peulang usaha melalui internet.

Tapi disini saya akan mengulas hal ini secara lengkap dan jelas, supaya para pembisnis baru tidak salah langkah mengambil peluang yang ada. Ada beberapa aspek yang perlu di 'adakan' terlebih dahulu seperti keadaan saat ini, waktu , tempat, dan modal. Tentu jika memang kamu mempunyai jiwa bisnis tak akan melewatkan hal itu. Seperti kata orang barat 'Right man in the right time and the right place

Lantas bagaimana langkah awal untuk membuka bisnis / usaha? Ini biasanya yang bikin orang bingung dan dilema, Modal dan tekad sudah punya tapi bingung mau bisnis apa, betul? Saya juga gitu kok. Lihat orang jualan online kayaknya enak, terus gak lama lagi kok kayaknya lebih enak buka warung aja dll.

Untuk mengatasi hal itu kamu perlu pandangan baru agar menemukan ide ide baru yang bagus dan yang pasti matang, karena jangan sampai kamu mau buka bisnis dengan alasan iseng (Bisa aja sukses karena keisengan, tapi planning yang matang lebih bagus). Disini saya akan memberi 6 Cara Mencari Ide Bisnis Untuk yang mau membuka usaha, simak :

 Bagaimana dan cara agar sebuah ide bisnis dapat diperoleh?



Cara memulai usaha dari awal agar tidak bingung


1. Temukan Ide Bisnis Dari Masalah Orang 


Maksudnya apa ini? Maksudnya adalah kamu harus cermat melihat masalah yang sedang marak di orang sekitarmu , misal di pinggiran jalan ada ibu ibu yang bilang "Eh jeng, sekarang cari beras susah ya" di situ sudah jelas kamu mendapatkan satu ide. Tapi tak boleh langsung kamu eksekusi ide tersebut.

Kamu wajib memastikan betulkah permasalahan tersebut memang ada? Kenapa masalah tersebut bisa sampai ada? Adakah pesaing bisnisnya? Jika ada apa kelemahannya? . Jika sudah matang semuanya baru lah eksekusi. Tapi di atas adalah contoh, bisa saja kamu menjual peralatan listrik jika di sekitar wilayahmu memang banyak yang mencarinya.

Biasanya orang yang mau buka usaha itu pesimis mulu pikirannya, pandangan dan ide sudah ada tapi yang di bikirin laba ruginya, dan yang paling banyak adalah takut rugi. Karena saya dulu juga pernah membuka usaha menjual tahu isi dan pisang coklat keju, di perumahan saya memang peminat untuk jajanan tersebut sangat jarang, Rugi dong? Enggak juga, kebanyakan balik modal dan sisa dagangan bisa di makan sendiri.

Jadi intinya di perumahan yang sepi aja bisa balik modal apalagi jika sudah punya ide dan peluang yang matang? 

2. Perbanyak Relasi dan Dekati


Semakin banyak relasi yang kamu jalin kamu akan 'kaya' akan ide dan pengetahuan, karena secara tidak langsung kamu menyerap ilmu dari orang orang tersebut. Yang saya maksud relasi adalah orang yang suka berbisnis juga, dari situ kamu akan menemukan pola berbisnis yang baik dan benar + Tertarget.

Menjalin relasi untuk jaman sekarang sangatlah mudah, kalian bisa melalui media sosial seperti facebook, twitter dan lain lain. ajak lah berteman orang yang mempunyai bisnis, jangan lihat seberapa sukses dia, tapi coba saja dekati terlebih dahulu dan ajak sharing saling tukar pikiran,

Tapi relasi yang paling bagus adalah relasi 'nyata' bukan teman 'maya' karena kamu akan langsung melihat langsung ke lapangan bisnis mereka (Jika di izinkan) Lihat management nya, yang penting pelajari, pelajari, pelajari.

3. Pelajari Kekurangan Pesaing


Bisnis itu serem kapten !  Ini lah yang paling penting, setelah melakukan hal di atas 'Perbanyak Relasi dan serap ilmunya' sekarang amati kekurangannya, nah kekurangan tersebut lah nanti yang bisa kalian buat untuk modal utama (Prioritas bisnis kamu). Misal : Kamu melihat temanmu jualan online, bagaimana dia menjalankan , dan produk apa saja yang disediakan, kamu bisa menjual produk yang sama + Tambahan produk yang tidak di jual oleh temanmu. Modal banyak dong? Gak juga kalian bisa juga menjadi dropshipper dan menjual barang apa saja tanpa modal : Selagkapnya baca : Apa itu dropship dan bagaimana sistem kerjanya?

Terdengan menjatuhkan memang, tapi itulah bisnis. Business is Business No Friend No Family. Saya pernah denger ini, orang cina kalau jualan terus anaknya kalau mau barang dagangannya ya harus beli ! Tapi buktinya banyak orang cina yang jadi juragan sembako saat ini.

Seperti kata Godfather : I just killing for business not at all. Karena kalau gak gitu nanti termakan sungkan, seperti contoh kamu buka warung kopi terus temen2 kamu datang, kamu malah sunngkan minta tagihannya, alhasil kamu bilang "Ah sntai bro, gak usah kayak sama siapa aja" . Ya tinggal tunggu bangkrut deh nantinya.


4. Amati Trend



Cara Mencari Ide Bisnis Untuk Yang Mau Membuka Usaha

Mengikuti trend sangat penting dan bisa membuat secara instan memunculkan ide usaha. Seperti saya ini, kamu kira saya ngetik artikel ini tanpa mengamati trend terlebih dahulu, Februari 2019 ini pencarian di google tentang "Ide Bisnis Untuk Buka Usaha" Sangat tinggi audiencenya, di situ saya langsung bikin artikel ini hehe.

Alat apa yang bisa di gukanan untuk mengikuti trend terkini? Kalau saya karena bisa di bilang bisnis online (Blogger) ya saya menggunakan trend yang di sediakan google. Kalau ingin berdagan kamu bisa menggunakan sosial media, amati saja akhir akhir ini yang paling di cari apa.
Saya punya teman di Facebook, baru baru ini kan sangat marak nih orang yang bilang Ferguso dan Hey Tayo, dia langsung membuat merch bertuliskan itu, Topi dengan tulisan "Hey Tayo !" Gitu aja sudah laku kuras, seminggu dia bisa menjual 10-20 biji topi. Itu lah salah satu cara mengamati peluang bisnis yang ada.


5. Lihat Dari Sudut Pandang Berbeda


Ini maksudnya apalagi nih? Maksudnya adalah pembisnis harus suka berpikir Out Of The Box, Semisal kamu punya group facebook yang bertemakan pecinta kucing kenapa kamu gak menjual peralatan dan pakan kucing saja? Di jamin laku keras, apalagi bisa pesan online. Karena pecinta kucing kan juga gak mau repot keluar rumah untuk beli pakan dan peralatannya.

Selebihnya bisa kamu kembangin sendiri keahlian menganalisa kamu, boleh kita sharing di kolom komentar untuk usaha yang akan kamu dirikan. Nanti pasti saya balas meskipun saya ini bukan expert pembisnis :v Ironi kan? Orang yang tidak ada pondasi sukses di berdagang malah kasih saran seperti ini haha, tapi ini lah letak BISNIS SAYA, menyajikan artikel yang bisa kamu baca dan menambah wawasan (Plus saya juga dapat receh dari jaringan periklanan) Toh kamu gak tau kalau saya ini sebenarnya gak tau apa apa dalam bisnis wkwk


6. Riset Produk


Kalau ini bisa bisa di bilang "Auto Mendaoatkan Ide", Gak percaya? Coba sekarang riset riset dahlu produk atau jasa apa aja yang di gemari saat ini, gak perlu tunggu lama lama, ketika menemukan langsung saja eksekusi, saya jamin jika memang kamu bersungguh sungguh pasti profit.

 Kalau kamu malas riset saya sarankan sekarang berhenti menjadi pembisnis ulung yang bisa mendatangkan banyak uang, karena riset aja malas apalagi nanti waktu eksekusi / build up usaha yang kamu jalani? Percayalah jika malas tidak akan mendatangkan apa apa kecuali penyeselan. Gak percaya juga? Coba aja males malesan.

Saya ini terbilang malas, setiap hari mainnya game mulu, tapi saya usahakan setiap hari 1x update artikel di blog ini, kalau lagi onfire bisa sampai 5 artikel saya mengetik di djanarkos ini. Gak tau juga sih bisa di bilang males atau gak kayak gitu, tapi kemarin say gak update 3 hari karena males parah haha. Mana ujan terus tiap hari jadi males gerak.

Penutup...


Ya begitulah sharing saya yang Noob ini tentang Cara Mencari Ide Bisnis untuk Usaha, tapi meskipun saya gak punya basic expert businessman saya yakin tips di atas itu sangat berguna untuk yang mau memulai usahanya, jadi tidak ada salahnya mencoba, ntar kalau berhasil bagi bagi lah profitnya yeee.

Saya doakan kamu semua di beri kelncaran rejeki, oh iya, dari semuanya itu akan gak ada manfaatnya jika tidak di imbuhi dengan berdoa dan terus bersyukur untuk apa yang kita miliki, dah kok malah jadi kayak berdakwah gini ya, saya akhiri saja deh ^^ Thanks
Judul 6 Cara Mencari Ide Bisnis Untuk Yang Mau Membuka Usaha
Author
Author Rating
4/ 5 Suara

close