Tentang Index Artikel Baru Di Google Search Console Terbaru 2019

Djanarkos.com - Jadi gini saya bukanlah praktisi SEO yang expert melainkan hanya seorang blogger biasa, jadi semua opini yang akan saya curhatkan pada kamu bisa kamu terima ataupun tolak, yang penting saya ngetik ae buat nambah konten sekalian curhat keresahan saya terhadap susahnya artikel baru untuk keindex saat ini.

Blog Djanarkos ini sekarang sudah mempunyai 180 lebih artikel (Masih dikit sih, tapi sudah lumayan karena umur blog yang masih 6 bulan), Awal awal membuat artikel saya merasa biasa aja, Tulis > Publish > Submit Sitemap Di Webmaster > Share Sosmed, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk google mengindex artikel yang saya buat, biasanya paling lama 10 menit bakalan sudah ada tanda Hijau yang menandakan Artikel sudah ada di google.

Submit Di webmaster

Tapi itu dulu, sekarang saat djanarkos menginjak 150 artikel muncul lah berbagai keanehan mulai dari masalah Index maupun Sitemap. Apa saja keanehan tersebut? Langsung saja saya sebutkan satu satu di bawah ini :

1. Sitemap


Saya menggunakan 3 macam sitemap yaitu Atom.xml , Sitemap.xml , dan feeds/posts/default?orderby=UPDATED , Dari ketiga sitemap tersebut yang menyumbang index paling banyak adalah Sitemap.xml. Dan ketika saya mencoba submit ulang atom.xml jumlahnya tidak berubah baik status submitted maupun indexnya. Jadi saya hanya bisa menggunakan Sitemap.xml saja. Lihat gambar di bawah ini tentang ketidakseimbangnya index dari ketiga sitemap saya :

Artikel susah masuk pageone

Bisa kamu lihat disitu hanya sitemap.xml saja yang paling banyak, dan lainnya stuck / macet disitu saja meskipun kamu submit ulang, dan lagi lihat status dari sitemap.xml saya yang masih pending terus padahal jumlah index sudah banyak dan sesuai jumlah artikel. Untuk seorang newbie seperti saya hal ini sangat mengganggu, jadi cemas dan bertanya tanya ada apa ini dengan blog saya?

BACA JUGA : Teknik SEO 2019

Tak cukup sampai disitu, ada keanehan lain di bagian sitemap, seperti yang kamu lihat di gambar di atas adalah screenshot dari google webmaster lama, coba sekarang intip google webmaster yang versi terbaru di bagian sitemapnya :

Artikel susah terindex google

Disitu hanya terdapat sitemap.xml dan ada sitemap yang belum pernah saya submit sebelumnya, saya juga gak pernah tau sitemap model begituan, tiba tiba muncul saja. Dan atom.xml saya tidak muncul di Google webmaster Versi terbaru. Disitu tiba tiba muncul Sitemap.xml?page=2 yang notabene saya tidak pernah membuat (Muncul Otomatis).

Jumlah Index Artikel dari sitemap page 2 itu ada 33 berbeda dengan jumlah index sitemap.xml. Disini saya berasumsi jika Sitemap.xml hanya bisa memuat 150 artikel , dan jika lebih dari itu akan muncul secara otomatis sitemap page 2 nya. Sekali lagi ini hanya asumsi saya pribadi.

Hal itu menguntungkan atau merugikan untuk blog? Yang saya rasakan saat ini masih kerugian sih, belum tahu keuntungannya apa, jika kamu tahu kenapa bisa ada masalah dan fenomena seperti ini bisa kasih tau saya di kolom komentar ya. Kenapa saya mengatakan itu merugikan? Karena setiap saya habis ketik artikel lalu submit sitemap.xml secara otomatis index submitted yang awalnya penuh akan habis dan status nya menjadi pending.

Dan secara otomatis sitemap.xml?page=2 itu menambah dengan sendirinya, padhal saya tidak submit itu, lihat gambar di bawah ini, sitemap.xml saya hilang hanya tersisa yang atom.xml dan orderby dan page2 (Berdasarkan jika ketiganya di jumlah)

artikel susah di index

Jadinya aneh kan? Masa artikel banyak yang di index tapi yang dikirim cuman segitu, btw biasanya malah indexnya yang ilang (Diagram warna Orange yang biasanya hilang setelah submit sitemap.xml). Jadi saya sekarang bingung dan dilema, jika sitemap hilang muncul hilang muncul dampaknya adalah Sitelink saya jadi ilang, 2 bulan yang lalu saya punya sitemap 6 Biji, sekarang satupun tidak ada yang tersisa. Entah sampai kapan ilangnya.

Untuk Vistor mengurang atau menurun min? Jawabannya adalah visitor tidak menurun, tapi juga tidak bisa naik. Jadi visitor saya masih sama saja seperti waktu masih punya 150 artikel, jadi seakan artikel baru sejumlah 30 lebih itu tidak ada artinya karena susah banget di index. Oke maalah index langsung saya bahas di bawah.

Coba deh sekarang periksa kesehatan blog kamu di Webmaster Tool

2. Index Artikel baru yang susah


Setelah hal yang saya sebutkan di atas terjadi sekarang akibatnya mungkin di bagian pengindeksan, artikel yang baru saya buat bisa memakan waktu 2-3 hari baru bisa terindex google. Enak sih kalau terus di index, masalahnya terkadang index tersebut hilang lagi, jadi misal sekarang saya cek artikel ternyata sudah hijau (Pertanda sudah di index) besoknya balik lagi bertuliskan "Url Tidak ada di Google". Nyesek banget dah. Saya bikin artikel ini pun hopeless banget bakal masuk pageone, boro boro pageone index aja kaga. 

artikel susah terindex
Artikel saya yang sudah 2 hari tapi tidak Hijau :(

Tapi artikel yang saya buat ini memang tidak ada optimasi kw nya, tidak ada kw sasaran, jadi ini murni curhatan saja masalah index artikel di blog djanarkos ini yang setiap hari membuat saya resah, dan perlu diketahui blog ini tidak hanya membahas seputar blogging, tapi semua saya bahas sesuai mood.

Intinya artikel ini saya buat bukan memberi jawaban, tapi siapa tau ada yang baca dan bisa memberi jawaban. Sampai sekarang yang saya lakukan hanya update artikel terus meskipun tidak di index. 

Ada kawan yang menyuruh saya cek di bagian Tindakan Manual / Manual Action siapa tau di blog saya ada pelanggaran, nyatanya ketika saya cek tidak ada satupun pelanggaran di blog saya, masih aman aman saja. Sampai sekarang saya cuman berasumsi kalau penyebabnya adalah di sitemap.xml yang saat ini tidak lagi efektif (Benerin saya ya kalau salah).

Saya sudah baca baca kemanapun dari blog indo sampai blog bule pun saya kunjungi tapi masih belum ada yang membahas, saya tanya di forum goole juga hanya dikasih penjelasan yang ngambang : Coba baca artikel saya ketika bertanya pada pakar seo di forum google : Submitted dan Index Sitemap Hilang

Penutup...


Meskipun Artikel Susah Di Index Google tapi saya tetap menulis kok, jadi masalah itu saya yakin lambat laun akan hilang. Untuk kamu yang sedang mengalami hal sama dengan saya bisa lah kita sharing di bawah, dan jika saya sudah menemukan jawabannya saya akan update artikel ini. Jadi jangan lupa ikutin blog ini terus ya agar tahu kelanjutannya tentang artikel yang susah di index ini.