7 Tips Bagimana Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

Bagaimana Cara menulis artikel yang baik dan benar? - Sebelum langsung ke point nya pastikan dulu kamu sudah tau jenis artikel apa yang hendak kamu buat. Lho memang ada jenisnya om? , jelas ada lah, langsung aja ya ke artikel Arti dan Jenis Artikel. Jika sudah mengunjunginya saya mau tanya jadi jenis apa yang mau kamu tulis? Persuasi? Deskripsi? Atau narasi?

Disini saya membahas tentang cara membuat artikel sesuai kaidah bahasa Indonesia, jadi untuk yang ingin tahu cara membuat artikel untuk google bisa di baca di artikel saya yang lain. Karena hakikatnya artikel ini di tulis untuk memberikan informassi yang akurat nagi pembaca.

Masih ingatkan dengan teknik dasar membuat suatu permasalahan dan pemecahannya yaitu 5W+1H, jadi suatu artikel wajib mempunyai struktur tersebut. Jika sudah menemukan strukturnya silahkan lanjut membaca ini :


Cara menulis artikel yang baik dan benar



Tips menulis artikel yang baik dan benar


1. Tidak Boleh Bertele tele


Kenapa artikel tidak boleh bertele tele? Kalau kamu sudah membaca tulisan saya sebelumnya pasti kamu sudah menemukan jawabannya. Secara singkat kamu tidak boleh bertele tele karena artikel bersifat informatif dan aktual, jadi sebaiknya langsung saja beri pembahasan > Isi Pembahasan > Penyelesaian. Udah seperti itu aja.


2. Persingkat Paragraf


Ini sama halnya dengan nomor satu, tapi lebih ke paragraf per paragraf, jadi usahakan jangan boros kata / kalimat. Jangan mengulang kalimat yang sebelumnya kamu ucapkan, karena selagi ejaan nya jadi kurang enak paragraf kamu jadi kurang efisien. Usahakan setiap paragraf mengacu pada pokok pembahasan. 

Tapi artikelmu banyak kata yang di ulang kayaknya bro? , Oh iya memang kata di artikel ini banyak yang saya ulang, tapi bukan tanpa alasan, karena saya menulis artikel di internet dan untuk mencari banyak pembaca ya saya di wajibkan menulis seusai teknik SEO dari google. Lain kali akan saya bahas lebih dalam.


3. Berikan isi / Inti sari


Kebanyakan artikel saat ini tidak bersisi, yaitu terlalu banyak bertele telenya daripada inti pembahasannya. Maka dari itu saya kkatakan di awal kalau rancangan masalah itu penting, agar artikel yang kamu buat efisien dan bermanfaat bagi banyak orang sudah pasti kamu harus bisa 'memuaskan dahaga' para pembaca.


4. Berikan Gambar


Bayangkan kamu sebagai pembaca, lebih pilih artikel dengan gambar atau yang pure tulisan? Kalau artikel tidak lebih dari 500 kata sih gapapa kali ya tulisan doang, kalau katanya nyampai ribuan ya bisa sepet yang baca. Berikan gambar sesuai dengan isi artikel, bisa juga dengan gambar diagram atau data yang bisa untuk melengkapi informasi yang ada.


5. Beri spasi dan Pembatas antar paragraf


Selain agar pembaca tidak sakit matanya hal ini akan membuat artikel yang kamu buat akan rapih dan enk di baca, sangat lega lo rasanya jika artikel yang kamu buat di baca orang mulai dari kalimat pembuka sampai kalimat penutup. Tapi kalau saya pribadi jika menemukan artikel yang tulisannya terlalu rapat akan mengurang minat bacanya.

Sudah rapat rapat tidak ada gambar, uhhh, saya yakin kamu juga merasakan hal yang sama dengan saya. So, jangan lupa untuk memberi space yang pas untuk artikelmu.


6. Gaya Penulisan Santai


Ingat ! Kamu sedang menulis artikel bukan menulis berita / redaksi. Jadi gunakan bahasa yang santai saja agar pembaca juga enak. Jangan gunakan bahasa yang formal, karena di setiap kata atau tulisan itu kan sudah pasti ada efek psikologis. Mainkan perasaan pembaca agar terus membaca artikelmu sampai tuntas.

Menurut pengalaman artikel yang di tulis dengan bahasa formal dan kaku akan membuat pembaca menjadi bosan. Selingi guyonan atau gurauan juga boleh asal jangan keluar dari konteks pembahasan.


BACA JUGA : Artikel Susah Di Index 2019

7. Menjawab Pertanyaan Pembaca


Seperti artikel ini, pembaca mengetik di google cara menulis artikel yang baik dan benar terus saya menjawabnya di artikel ini, dan harusnya kamu sudah terjawab dengan tulisan yang saya buat ini. Jika kamu merasa kurang pasti kan jadi gak ada kesan di artikel ini kan? 

Nah itu lah pentingnya menulis artikel yang isinya harus benar benar sesuai judul dan pokok massalah, agar pembaca tidak kecewa dengan isinya. Malah di google sekarang banyak sekali artikel yang isinya tidak sama dengan judul, hal itu sudah pasti akan membuat pembaca ogah buat kembali membaca karya tulis kamu.


Kesimpulan...


Intinya adalah sebelum kamu mau menulis artikel cobalah bayangkann dulu kamu menjadi pembaca untuk artikel yang sedang kamu buat, bayangkan apa yang kamu butuhkan di dalam artikel tersebut. Setelah mengetahui akar masalah dan penyelasiannya langsung saja eksekusi.

Yang passti artikel harus bersisi Judul, Pembuka / Permasalahan, Isi, Dan Penyelesian / Penutup. Udah gitu aja deh artikel tentang Bagamana Cara Menulis Srtikel yang baik dan benar kali ini. Thank ^^



close