7 Teknik SEO Terbaru 2019 (Onpage Dan Offpage) Yang Bisa Menaikan Peringkat Artikel

Teknik SEO Terbaru 2019 (Onpage Dan Offpage) - Sebelum saya lanjutkan lebih jauh lagi tentang teknik SEO terbaru, sebenarnya saya sedikit gak suka hal ini di sebut teknik, karena kalau teknik sudah jelas ada dasar dan pembelajarannya, saya lebih suka SEO itu di bilang Teori. Jadi apapun yang saya katakan di artikel kali ini jangan langsung di anggap benar, karena yang saya ketik ini berdasar pengalaman saya sendiri untuk membuild up beberapa blog.

NOTE : Saya membuat artikel dengan bahasa casual, dan yang pasti kata katanya masih berantakan, karena saya juga pemula dalam dunia blog. (Udah pemula tapi sok ok an kasih tips SEO, ironi sekali kan :v)

Jadi artikel kali ini lebih tepatnya bisa dikatakan curhatan saja, gak tau ntar artikel ini bakal tampil di halaman pertama atau gak hehe. Yang penting saya niatnya share seputar teknik SEO Terbaru 2019.

Beberapa bulan yang lalu sebelum pergantian tahun Google Update Besar Besaran untuk algoritmanya, lebih tepatnya pada bulan November 2018, lihat cuplikan screenshot di bawah ini berapa kali Google Melakukan Update : 

Teknik SEO Terbaru 2019


Kalian bisa melihat update an google terbaru di situs  yang biasa saya kunjungi yaitu www.seroundtable.com sebenarnya simple saja memhamai teknik SEO itu, yang penting kita tau apa yang di 'MAU' oleh algoritma Google, tapi bagaimana kita bisa menuruti kemauan algoritma Google Lha Wong dia Update aja hampir Tiap Hari? Nah ini pertanyaan yang bagus untuk di ulas, Teknik SEO itu kalau saya pribadi menyebutnya ada 2 macam, Bukan SEO Offpage Ataupun SEO Onpage, Tapi SEO Abadi dan Temporer.

Maksudnya SEO Abadi dan Temporer apasih? Ya itu sebutan saya sendiri sih hehe.  Saya membedakan tersebut karena ada algoritma Google yang bahkan tidak prnah di Update Mayor (Di Update Besar Besaran) maka jika kalian menuruti algoritma yang ini berarti kalian sudah mempunyai pondasi SEO Abadi.

Kalau SEO temporer ya bisa kita analisa dari perubahan algoritma google yang hampir tiap hari tersebut, lihat saja pada gambar di atas, ada yang di namakan Google Hellowen Ranking , itu juga sudah termasuk Minor Update dari algoritma Induk. 

Tapi tentu memang banyak sekali algoritma induk Google Untuk menentukan Hasil Pencarian di Search Engine nya seperti Penguin, Panda dll. Tapi saya tak mau membahas itu, nah sekarang kita langsung saja ke intinya untuk Teknik SEO Terbru 2019 setelah mendengar ocehan intermezo saya di atas hehe.

Teknik SEO Terbaru 2019 Agar Artikel Pageone


Saya tekankan sekali lagi ya, di sini saya menulis seusai apa yang saya ketahui dan saya alami, jadi jika ada kalimat atau pengetahuan yang berbeda dari lainnya saya ya mohon gak peduli, karena ini memang pure pengalaman pribadi. Yaudah lah bang jangan kebanyakan omong, langsung aja kasih teknik SEOnya ngapa !!

1. Gunakan External Link Dofollow Relevan


Kalau para suhu mungkin lebih memandang tinggi sebuah backlink dan internal link, kalau saya sebaliknya, saya lebih sering menggunakan link keluar menuju situs yang ada kaitannya dengan pembahasannya dan saya beri dofollow agar perayap google yang di artikel saya membaca isi dari situs tersebut.

Saya pakai cara ini bukan karena tanpa alasan, tapi saya sering sekali melihat blog barat yang menggunakan Teknik SEO seperti ini, internal link hanya sekadarnya saja dan external link nya bejibun. Seperti contoh deh situsnya Neil Patel, pada tahu kan dia siapa? Dia yang punya alat ampuh untu riset keywords Ubersuggest, di blognya si Neil itu banyak banget External Linknya, dan coba kalian intip dengan inspect element pasti diberi Rel='dofollow'.

Untuk pengaruhnya sudah saya rasakan sendiri atau belum? Ya jelas sudah dong, mana berani saya share kalau belum saya rasakan sendiri. Coba kalian lihat sreenshot saya di bawah ini, saya cuman curhat karena blog djanarkos ini sedang mengalami gangguan naik turun index sitemap di search console :


Teknik SEO Terbaru 2019


Hanya dalam waktu 5 jam saja artikel tersebut sudah nangkring di bawah strukturkode (Blog yang sudah trusted pembahasannya seputar dunia blogging) dan di atas forum google yang pembahasannya hampir sama. Terus ntar kalian bilang "Halah itu saingannya cuman 199rb orang doang", tapi bagi saya itu sudah special. Coba kalian lihat artikel saya yang itu, isinya juga gak jelas jelas amat, kata kunci ya gak ditargetkan banget.

Yang jadi pondasinya hanya external link menuju 2 situs yang sangat relevan dengan pembahasan saya. Saya tidak bisa claim itu memang benar karena external link, karena saya bisa buktikan sekali lagi, coba lihat artikel saya yang sudah saya screenshot di bawah ini :

Teknik SEO Terbaru 2019

Nah, disitu saya ranking 7, jadi tidak bisa screenshot dari atas, jadi sedikit saya scroll ke bawah, kalau tidak percaya silahkan cek saja sendiri dengan kata kunci tersebut . Memang kueri pencarian di keywords itu memang sedikit, tapi tetap saja index secepat itu bisa di anggap spesial, lagi lagi di artikel itu saya hanya memberi external link menuju support instagram. Dan ya, artikel saya yang saya update tanpa external link malah lama sekali untuk bersaing di halaman satu, jangankan satu sampai page 5 pun belum tentu ketemu setelah beberapa hari hehe.

2. Keywords Stuffing Itu Perlu


Nah loh, bisa di gedik aku ini kalau sampai ada master SEO yang lihat hehe, Tapi balik lagi saya share ini hanya berdasar pengalaman saya sendiri, di pembahasan keywords stuffing ini saya gak mau kasih screenshoot, karena kalian lihat saja di paragraf awal artikel ini, sudah jelas ada beberapa keywords yang sudah saya jejalkan.

Tapi maksud dari keywords stuffing itu perlu bukan setiap baris harus ada keywords, tapi coba berulang kali keywords target kalian sebut di setiap sesi paragraf kalian. Kalian akan terkena penalti jika 70% isi dari konten kalian hanyalah pengulangan keywords (Ini juga menurutku saja sih) . Nah jadi di pembahasan Teknik SEO Terbaru 2019 ini saya lebih suka share apa adanya, gak ada yang dikurang2i sedikitpun dari pengelaman (Insha llah)

Jadi jangan ragu untuk isi keyword kalian, jangan terpaku sama omongan suhu suhu yang harus disini keywords utama, ntar di baris kedua LSI, ntar di masukin tipis tipis LSI lagi di setiap Minor Heading (Thats a Lucking Bullshit)

Ntar ada aja yang komentar "Itu sama aja black Hat SEO" , kalian kasih sebiji keywords itu pun juga sudah bisa di bilang black hat kalau di lihat dalam kacamata 'Untuk Bisa Pageone', terus apanya yang disalahkan, wong kita ini sama sama gak tau apa maksud dari algoritma google. Pakar SEO pun juga tidak mengetahui sepenuhnya, kalian cuman dikasih kisi kisi saja.

3. Internal Link


Iya ini perlu, yang penting anchor text dan link tujuannya harus relatif. Gak usah diperpanjang lagi kalau masalah internal link, udah jelas perlu untuk memperkuat link building intern kalian.

4. Ketik artikel seperlunya , Gak harus Panjang


Ini nih Teknik SEO yang paling gak aku suka tapi paling sering disebut 'sangat penting' sama blogger blogger lain, kenapa saya gak suka? Ayolah coba buka mata kalian, pasti kalian pernah menemukan artikel yang berantakan dan cuman beberapa kata tapi bisa pageone kan? Jangan bilang gak pernah, tapi memang kalian akan sangat jarang menemukan artikel pendek di niche blogging dan bisnis.

Terus garis besarnya apa? Intinya adalah jangan memperpanjang artikel pakai kata kata yang gak perlu, dan jangan di kurang kurangi katanya jika memang perlu di bahas secara lanjut. Misal artikel tutorial / blog download pasti rata rata hanya beberapa kata, apalagi blog download kalian cukup mengisi info sedikit dari aplikasinya selanjutnya kasih link download, dah gitu aja, gak usah kasih kata kata yang gak penting :v (Bolehlah kasih kata kata untuk keywords stuffing :v) Mau contoh? Lihat :

Teknik SEO Terbaru 2019

Nah coba deh kunjungi artikel saya yang itu, dan hitung berapa kata. Tapi bisa pageone saja tuh, malah rank 1 di keywords tersebut. Jadi intinya jangan lah terpancing omongan orang lain yang artikel katanya harus segini segitu, karena jumlah kata yang pas itu ya kalian sendiri yang tau selaku penulisnya. Ini juga saya masukan ke teknik SEO terbaru 2019 versi djanarkos. (Padahal gak tau juga masalah panjang pendek artikel itu termasuk teknik SEO atau bukan :v) Yang penting tulis ae, dapat konten, page one, banyak yang lihat, dapat duid hehe.

 5. Niche Is Bullshit


Beruntunglah bagi kalian yang saat ini punya blog gado gado, karena banyak kata kunci yang terkandung dalam blogmu. Ini juga versi saya lo ya, sebelumnya blog djanarkos ini niche android dan teknologi, lha sekarang malah bahas blogging kenapa? Karena saya sadar niche itu malah seakan memberi pagar pada ide kamu yang luas yang tak seputar Android dan teknologi (Jika awal awal punya blog niche teknologi)

Saya bertekad blog djanarkos ini saya jadikan menjadi niche gado gado setelah ada 100 lebih artikel  pembahasan tentang android dan teknologi, karena apa? Karena saya sadar blog besar rata rata memang gado gado, apalagi yang cari duitnya dari adsense atau jaringan pengiklan lainnya.

Buktinya banyak, seperti Mastimon dan Klik Mania. Jadi ketika dipikrnmu terbesit ide untuk ketik artikel bisnis ya ketik saja, jika terbesit tentang blogging ya langsung ketik saja, gak perlu bikin blog baru untuk itu. Jadi saya sarankan (Boleh mau boleh tidak) jangan terpaku dalam satu niche.

Oh iya, di atas saya menyinggung 'beruntunglah bagi kalian yang punya blog gado gado karena kalian mempunyai banyak kata kunci', itu maksudnya adalah google sendiri menilai ranking dari keseluruhan keyword yang ada di situs kalian (Meskipun lebih fokus ke Artikel), Maksudnya gimana sih? makin gak mudeng aing. Jadi gini, saya pernah mendapat keywords keyword yang sama sekali tidak pernah saya ketikan (Tidak Pernah Buat artikel tentang keyword tersebut) di dalam dasbor google analytic saya yaitu 'Cara download Video di Facebook Melalui PC'.

Saya tidak pernah buat artikel itu (meskipun sekarang sudah saya buat) , tapi ketika saya analisa mungkin karena ada pembahaan artikel saya tentang Facebook dan Video Youtube dan tercampur lagi karena blog ini dulu blog semi download jadi banyak kata download. Mungkin dari artikel artikel terpisah itulah saya bisa mendapat keyword Cara Download Video Facebook Dengan PC. Kata PC sendiri juga banyak tertebar di blog saya karena ada pembahasan download software juga di djanarkos ini.

Jadi bayangkan jika blog kalian itu gado gado, pasti banyak keywords aneh aneh yang nyangkut, dan itu tidak sekali 2x, tapi berkali kali. Sampai saya gak perlu capek capek lagi riset keywords, wong sudah di kasih saran sama pengunjung djanarkos. hehe. Balik lagi ini berdasar pengalaman pribadi lo ya cuk.

6. Rutin Update


Entah ini menjadi Teknik SEO Terbaru 2019 atau bukan tapi menurut saya sih iya. Karena bisa di lihat sendiri, blog atau situs yang tiap hari update akan sering sekali nangkring di pageone google, apalagi yang sekarang lagi booming yaitu tribunews, jangan kaget wong tribunnews setiap harinya update puluhan bahkan ratusan konten.

Dan dalam beberapa waktu lalu saya sempat melihat postingan orang di facebook jika google sekarang akan mengindex cepat artikel yang membahas yang sedang hot hari itu juga, seperti kasus 80jt kemarin :v . Tapi ya gak uah lah ikut ikutan bahas hal viral kalau itu bukan passionmu. Do It Your Self aja.

Dan lagi, rutin update juga berdampak pada rampingnya alexa, di lain waktu akan saya bahas ini di artikel lain, karena saya mau mebahasnya secara intens. Karena saya merasakan dampaknya sendiri, sebulan yang lalu djanarkos mempunyai rank alexa yang buruk yaitu 6jt+ , dan saat ini dalam jangka waktu satu bulan bisa mencapai 3jt, dan aya yakin 2 hari kemudian akan jadi 2jt hehe. Coba kalian cek kan ya ketika kalian melihat ini pada tanggal berapapun ;v

7. Gambar Itu Penting


Gak tau ya, saya ngerasa jika artikel kaya akan gambar itu selalu nangkring di pageone, apalagi yang sifatnya tutorial dan blogging. Tapi kalau saya sih memang paling malas yang namanya screenshot itu, tapi saya usahakan ada 2 gambar di setiap artikel saya, tapi biasanya sesuai panjang pendek artikel yang saya tulis sih.

Dan lagi, beri gambar jika perlu dan beri gambar juga meskipun itu hanya pemanis, yang penting tatanan artikel masih rapi dan tidak mengganggu navigasi pengunjung aja menurutku itu aman aman saja. Dan yang penting juga tidak membuat artikel jadi berat berat banget hehe

Dan yang terpenting adalah title tag dan alt tag harus di isi sesuai keywords, sesuai pedoman saya jjika menulis artikel 'I need Keywords Stuffing, Madafaka!!'.

Penutup...


Sebenarnya masih banyak lagi yang pengen saya utarakan masalah pemahaman SEO ini, tapi berhubung tangan saya sudah pegel ketik jadi saya sudahi dulu pembahasan tentang teknik SEO terbaru 2019 ini. Yang penting jangan dengarkan kata kata orang (Termasuk saya) nulis aja sesuai kapasitas dan kemampuan kalian.

 Dan terakhir, saya mohon maaf jika pemahaman tentang teknik seo di atas sangat berbeda dengan para suhu suhu, tidak bermaksud apa apa, yang penting saya share aja dengan jujur apa yang saya pikirkan, dan yang penting kita punya ranah dan rejekinya masing masing, Keep Writting Blogger !!
Judul 7 Teknik SEO Terbaru 2019 (Onpage Dan Offpage) Yang Bisa Menaikan Peringkat Artikel
Author
Author Rating
4/ 5 Suara

close