Tutorial Membuat Animasi / Kartun Sederhana Dengan Adobe Illustrator

Ainuen Nadhifah - Tak kalah dengan Corel Draw, Adobe Illustrator kini juga digandrungi oleh orang-orang. Malah katanya untuk kelebihannya sendiri, lebih unggul Adobe Illustrator. Ai sendiri kegunaan yang paling utama adalah untuk menggambar kartun atau karakter. Dan di sini, Saya akan memberikan tutorial adobe illustrator membuat karakter atau kartun.

Ini khusus untuk pemula, jadi awal-awal kita buat yang sederhana saja dulu. Kita akan melewati 3 langkah. Membuat sketsa, menjiplak, dan mewarnai. Setidaknya itu dulu untuk para pemula seperti kita. Di sini selain mengandalkan software, kalian juga harus memiliki kemampuan menggambar. 

Tutorial Membuat Animasi / Kartun Sederhana dengan Adobe Illustrator


Tutorial membuat animasi kartun dengan adobe illustrator

1. Buat Dokumen Print

Pertama-tama kita atur dulu dokumen yang akan kita bubuhi lukisan kita.
Untuk lebar, atur saja menjadi 1000 x 1000 pixel.
Ukuran sederhanannya seperti itu.

2. Membuat Sketsa

Dan masuk ke langkah awal pembuatan karakter, kalian corat-coret lembar kerja dengan gambaran kalian. Tidak pelru rapi, kita cukup membutuhkan gambar dasar saja.
Gunakan warna abu-abu pada pensil gambar kalian agar nanti lebih mudah dibedakan warna sketsa dan warna jiplakannya.

3. Menjiplak

Tutorial adobe illustrator berikutnya ini sering disebut sebagai Tracing. Langkahnya luamayan panjang. Di sini pula Anda tidak boleh asal dalam menjiplak, usahakan harus rapi. Sebab ini lah bentuk gambar kalian jika sudah jadi. Keahlian menggerakkan mouse sangat diperlukan di sini. Untuk pemula, menggerakkan Pen Tool bukan perkara mudah. Apalagi kalian melakukannya dengan mengikuti garis sketsa.
Pada bagian jiplakan yang sulit, misal lingkaran, Anda dapat menggunakan Ellipse Tool. Dengannya, kalian tidak pelru susah-susah membuat lingkaran sempurna. Dan terus lakukan jiplakan sampai seluruh sketsa Anda selesai ditutupi oleh Pen Tool itu. Setelah menjiplak selesai, Anda unlock lembar kerja tersebut. Caranya dengan klik object lalu unlock all dan hapus. Nantinya gambar sketsa akan terhapus. Yang tersisa hanyalah outline gambar kalian. Hasilnya akan jauh lebih rapi dari sketsa.

4. Mewarnai

Setelah kita mendapatkan kerangka gambar, agar lebih menarik lagi kita kasih warna. Pilihlah warna yang sesuai dengan karakter. Pilih bagian tubuh yang ingin diwarnai. Contoh saja mata. Kalau Anda mengeklik bagian mata, maka pada tempat tersebut akan dikelilingi oleh garis kotak warna biru.

Itu tandanya bahwa tempat tersebutlah yang ingin Anda warnai. Kemudian buka panel Swatches dengan cara klik window lalu pilih Swatches. Pilih warna yang sesuai. Lakukan langkah tersebut sampai semua bagian terwarnai dengan sempurna.
Itu adalah tutorial sederhana adobe illustrator untuk pembuatan karakter atau kartun. Makin rumit karakter Anda, maka makin sulit membuatnya. Jika tidak ingin kesulitan, buatlah karakter yang tidak rumit. Misalnya kartun makhluk gaib. Sekian!

0 Response to "Tutorial Membuat Animasi / Kartun Sederhana Dengan Adobe Illustrator "

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai isi Artikel :)