Cara Menghapus Tautan Mati (Broken Link) Di Kolom Komentar

Cara Menghapus Broken Link Di Kolom Komentar - Kemarin djanarkos mengalami hal yang tidak menyenangkan yaitu ada banyak link mati yang ada di kolom komentar dan postingan, sebelumnya saya sangat lupa mulai dari blog ini di bangun sampai baru kemarin saja saya cek kesehatan link link di dalamnya :(

Setelah saya cek ternyata ada ratusa broken link, dan kebanyakan ada di kolom komentar. Banyak spam dimana mana, tapi gak hanya itu, yang bikin dilema adalah ketika menemukan broken link yang berasal dari nama yang berkomentar , situsnya udah pada mati, tapi link nya masih nyangkut di namanya.

Nah apa yang saya lakukan untuk menyelesaikan broken link yang sudah menumpuk sampai ratusan di djanarkos? Oh iya ada lagi, broken link yang paling banyak juga berasal dari profile G+ yang mati. Disitu saya sempat kebingungan, mau menghapus komennya tapi sayang karena komentarnya berbobot, kalau gak di hapus malah bikin blog jelek di mata google.

Sebelumnya saya akan memberikan terlebih dahulu pengertian dampak jika ada broken link di website / blog kalian, agar kalian paham juga bagaimana pentingnya menghapus hal tersebut untuk menjaga kesehatan blog / situs kalian :

Apa yang terjadi jika blog / situs banyak link yang mati (Broken Link)


Cara mengatasi link mati di kolom komentar

 1. Menghilangnya SiteLink


Yups, ini sudah pasti akan terjadi. Jika blog kalian sudah di beri sitelink oleh google berarti bisa di bilang blog kalian di cap baik dan trusted di mata google. Tapi kalian harus ingat, Google paling tidak suka jika ada link mati di dalam suatu situs, karena ketika robot google merayapi link yang mati tersebut content kalian akan di cap under construction, masih belum jadi / belum siap.

Bahkan bisa saja di anggap situs kalian minim konten, karena sudah pasti halaman 404 itu bakalan gak ada isinya kan? Jadi jika kalian mengalami sitelink hilang coba deh periksa broken link kalian, kalian bisa cek di www.brokenlinkcheck.com

 2. Menurunnya Peringkat Artikel Tempat Link Mati Tersebut


Kemarin ada 3 artikel djanarkos yang paling banyak link matinya pada kolom komentar dan hasilnya peringkat sedikit demi sedikit turun, sebelumnya saya gak tau yang mengakibatkan merosotnya peringkat artikel saya yaitu broken link (Ya baru tau kemarin itu waktu saya check) . Ada sampai belasan broken link yang terletak di profle orang yang berkomentar di blog ini.

Setelah saya mengatasi hal tersebut langsung deh artikel berangsur angsur pulih kembali, dan saya juga baru tau efek dari link mati bisa sampai seperti itu ya baru kemarin juga, jadi nambah pengetahuan dan pengalaman deh hehe.

3. Menurunnya Peringkat Alexa


Sebenarnya peringkat alexa saat ini tidak terlalu penting, tapi tetap saja kan gak enak di lihatnya kalau peringkat alexanya membengkak. Blog jadi kurang proposial. Kalau Peringkat artikel menurun pasti alexa juga akan turun. Dan kesehatan link pun juga patokan alexa menentukan rank nya.

Cara Menghapus Broken Link (Deadlink) Di Kolom Komentar


Saya sudah mencari cari cara untuk menghapus backlink yang berasal dari profile orang orang yang berkomentar itu ke mana mana, tapi tidak saya temukan caranya, cuman paling banyak ya cara menghapus broken link di blog, gitu aja, nah saya masalahnya ada di profil blogger kok, mau menghapus saya sayang banget komentarnya bermanfaat.

Jadi apa dong solusinya? Solusinya simak di bawah ini cuk !

 1. Pasang Disqus


Menghapus broken link dengan disqus

Nah lihat kan blog ini kolom komentarnya  sudah menggunakan disqus? Cara ini cukup efektif menghapus banyaknya broken link yang ada di komentar. Pertanyaan2 ketika mau pasang disqus "Apakah komentar yang ada di blog akan hilang kalau pasang disqus?" Jawabannya "Tidak" , karena disqus bisa mengimport komentar sebelumnya yang berasal dari komentar bawakan blog.

Keuntungan lain ketika memasang disqus yaitu kalian bisa mengurangi tindakan spam dari para netizen barbar yang sukanya tanam link hidup di kolom komentar hehe. Broken link yang ada di profil pun nanti juga akan hilang setelah pasang disqus.

Ada akibat negatifnya gak kalau pasang disqus?. Ya, pasti ada, gak mungkin dong bagus doang. Kekurangannya adalah jika pasang disqus yang gratisan akan ada captcha yang menghadang setiap ada orang baru mau berkomentar di blog kalian sehingga kadang membuat orang jadi malas berkomentar. Dan ada lagi, jika suatu saat ada broken link dari bekas import komentar terdahulu kalian tidak bisa langsung menghapusnya dari disqus, tapi harus di copot terlebih dahulu disqusnya.

Dan dampak paling negatifnya adalah membuat loading blog sedikit melambat. Karena dari pengertian webinar google kemarin katanya google lebih memprioritaskan blog yang mempunyai loading yang cepat, maka ini adalah dampak terburuk dari penggunaan disqus. 

BACA JUGA : Teknik SEO Terbaru 2019

2. Pasang Komentar Facebook dan Nonaktifkan komentar blog


Ini juga efektif untuk mengatasi broken link yang ada di kolom komentar. Seperti namanya, seseorang yang bisa berkomentar di blog kalian adalah hanya pengguna facebook, jika tidak punya fb ya gak bisa berkomentar sehingga untuk mengatasi spam sangat efektif.

Kekurangannya adalah jika disqus bisa mengimport komentar lama lain dengan ketika menggunakan facebook comment plugin ini, kalian tidak bisa mengimport komentar lama, maka dari itu HARUS menonaktifkan. Karena kan percuma kalau komentar lama masih ada brokenlinknya akan tetap ada.

3. Menghapus Komentar


Jika kalian tidak mau merubah kolom komentar dengan disqus dan facebook kalian bisa saja sih menghapus manual, caranya ya cukup cari satu satu komentar yang membawa link mati kemudian hapus. Kalau saya pribadi cara ini cukup melelahkan, apalagi jika broken linknya nyampai ratusan.

Tapi cara ini juga bagus untuk speed blog, karena tidak menambahkan code code lagi selain yang ada di blogger itu sendiri, karena kalau pakai disqus dan facebook pasti akan sedikit memperlambat pagespeed.

Penutup...


 Inti dari semuanya adalah perbaiki brokenlink apapun yang ada di blog kalian, jangan sampai ada satu saja link mati. Kalian bebas memilih dengan cara apa saja untuk menghapusnya, yang penting mereka semua harus hilang dari situs mu. Blog yang sehat tentunya akan baik di mata google dan mata pencaharian :v

Yaudah gitu aja sih sharing saya tentang Cara Menghapus Link Mati yang ada di profil kolom komentar, semoga bermanfaat bagi kalian semua, jangan lupa cuk tinggalkan jejak biar berkah ^^ Thanks
Judul Cara Menghapus Tautan Mati (Broken Link) Di Kolom Komentar
Author
Author Rating
4/ 5 Suara

close