Cara Flash Android Semua Merk Dengan SP Flash Tool 2019

Cara Flash Android Semua Merk (Samsung, Oppo, DLL) - Halo semuanya , pada kesempatan kali ini akan memposting sebuah artikel tentang cara flash semua merk hp android, bagi kalian yang saat ini sedang mengalami kendala pada hape dan anda berniat untuk menginstall ulang hape anda saya rasa anda menuju blog yang benar, karena disini saya akan memberikan tutorialnya yang insha Allah lengkap dan mudah di mengerti.

Perlu di ketahui juga, cara ini bukan hanya untuk flashing saja, melainkan bisa di gunakan untuk custom ROM juga , jadi enak kan langsung dapat Ilmu sepaket , tapi custom ROM sangat berbeda caranya dari flashing hape, berhubung artikel saya kali ini hanya akan membahas tentang flashing hape , jadi mungkin lain kali saja saya menulis tentang cara custom ROM.

Btw custom ROM itu apaan sih ? Custom ROM adalah tindakan mengganti system perangkat lunak smartphone , bisa digunakan untuk upgrade , downgrade , bahkan mengganti OS android, untuk lebih jelasnya silahkan anda tanya-tanya mbah google. 

Tanpa banyak cingcong lagi, langsung saja saya kasih tutorial flashingnya :3


BACA JUGA : Cara Root Android 2019

Software yang harus disiapkan untuk hard reset / Flash HP Android

Oh iya sebelum saya lanjutkan saya mau menegaskan sekali lagi, cara flash android ini dikhususkan untuk android yang sedang bootloop, gagal booting , atau crash. Jadi kalau semisal android anda masih bisa di atasi dengan reset data factory anda gak pelu melakukan ini. 

Lebih Tepatnya cara ini untuk mengganti ROM android tersebut, jadi mohon di mengerti ya hehe

  1. HP Android yang mau di flash (wajib mah kalau ini ) 
  2. Software SP FlashTools nya || DOWNLOAD SP FLASHTOOL (Official Website) || CARA DOWNLOAD
  3. Laptop / PC 
  4. Driver Android anda ( Jika pakai samsung ya cari USB Driver untuk samsung , jika pakai lenovo ya tinggal download USB Driver for Lenovo) anda bisa cari di google, saya tidak menyediakan karena saya kan gak tau merek hp anda
  5. Kabel USB
  6. File yang berisi ROM hape anda (bisa cari di google dengan mudah , misal anda menggunakan lenovo a369i , langsung saja ketik dengan keyword ROM flash lenovo a369i, begitu juga dengan merk hape lainnya. Saya juga tidak menyediakan ini karena aya gak tau merek hp anda.
 

Langkah Flash HP Android Yang Mati Total


  1. Buka SP flash tool di laptop/pc anda 
  2. Install USB Driver sesuai merek android anda
  3. Di dalam SP Flash Tool Pilih Scatter-Loading 
    Cara Flash Android Semua Merk Dengan SP Flash Tool 2019
  4. Kemudian cari folder yang anda download tadi (ROM Android agan yang mau di install) di dalamnya pasti terdapat file scatter - Pilih scatternya 
  5. Setelah scatter terpilih kemudian akan ada file-file yang muncul yang akan di flash kan ke android anda , Centang yang menurut nda penting. (Sebaiknya jika ada file PRELOADER dan DSP_BL jangan di centang , karena resiko bisa hardbrick atau mati total, ini mengantisipasi jika ROM yang anda download salah)
    Cara Flash Android Semua Merk Dengan SP Flash Tool 2019
  6. Setelah memilih milih file langsung saja tekan DOWNLOAD
    Cara Flash Android Semua Merk Dengan SP Flash Tool 2019
  7. Sembari menunggu SP Flash Tools mendownload file tancapkan Android anda menggunakan Kabel USB yang tersambung ke pc/laptop anda (Android dalam keadaan mati, agar proses flash berjalan lancar)
  8. Kemudian akan muncul di progres bar warna merah (menandakan Android siap di flash)
    Cara Flash Android Semua Merk Dengan SP Flash Tool 2019
  9. Anda tidak perlu mengutak-atik lagi , karena proses flash akan berjalan dengan sendirinya ketika USB Driver sudah terbaca (tandanya warna merah yang tadi akan berganti kuning yang memberitahukan Android sedang dalam proses Flashing)
  10. Tunggu sampai proses yang berwarna kuning di tandai dengan lingkaran Warna Hijau
    Cara Flash Android Semua Merk Dengan SP Flash Tool 2019
  11. Setelah muncul lingkaran hijau , cabut android anda dari USB.
  12. Kemudian hidupkan Android anda (jangan khawatir jika ketika menghidupkan android tetapi android sangat lama masuknya atau hanya ada gambar logo dari Android anda, karena memang setelah flash biasanya memakan waktu 5-10 menit loadingnya)
  13. Selamat Android anda sudah berhasil di flash hehe


Saya rasa cukup sekian tutorial cara flash android / hard reset dari saya , selanjutnya saya hanya menyampaikan kata DO WITH YOUR OWN RISK , Karena saya tidak bertanggung jawab jika ada kerusakan pada smartphone anda, tapi saya bisa menjamin , jika anda melakukan dan menjalankan langkah-langkah di atas dengan benar anda tidak akan mengalami kerusakan pada android anda.

Saya sudah test cara ini dengan menggunakan Android yang ber merk Lenovo (kebetulan punya adek saya sendiri) , Samsung galaxy young (punya keponakan saya), Asus zenfone 4 dan 4s ( punya saya sendiri) dan android2 merk china punya kawan saya dan semua berhasil mulus tanpa ada gangguan sedikitpun pada Android mereka 

Nah itulahh pembahasan saya tentang cara Flash semua merk android dengan SP Flash Tools, semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian ya, jangan lupa kunjungi artikel lainnya supaya tidak tertinggal update an terbaru seputar tips dan trick Android dan PC.

0 Response to "Cara Flash Android Semua Merk Dengan SP Flash Tool 2019"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai isi Artikel :)


close