Apa Itu Dropship Dan Bagaimana Sistem Kerjanya?

Cara Kerja dan Pengertian Dropship - Untuk orang yang sudah biasa berbisnis online pasti sudah tidak asing lagi dengan kata dropship ini, disini saya akan mengulas tuntas tentang dropship ini mulai dari pengertian, cara kerja, dan penyedia layanan Dropship yang bisa kamu gunakan untuk menjalani bisnis online yang satu ini.

Apa itu Bisnis Dropship?


Apa itu dropship dan cara kerjanya

Dropship adalah model berdagang dengan cara kamu hanya perlu menawarkan dan menjual barang / jasa tanpa punya dan memegang barang + jasa tersebut, jadi kamu cukup memberitahukan kepada suplier kamu ketika kamu mendapatkan seorang pembeli yang kemudian suplier akan mengirim pesanannya sesuai apa yang kamu sampaikan kepada pembeli tersebut.

Terus untungnya darimana? Untungnya adalah sesuai kesepakatan yang kamu buat dengan suplier, biasanya suplier akan memberikan harga tetap (Grosir) dan untuk untungnya bisa suka suka kamu, misal dari suplier kamau diberi harga Rp 15.000 kemudian kamu menawarkan ke orang dengan harga Rp 25.000 jadi bisa di bilang kamu mndapatkan untung 10.000 dari setiap penjualannya.

Tapi biasanya tergantung dari kebijakan suplier, biasanya suplier memberikan harga tetap yang sudah include dengan upah kamu, jadi semisal suplier mengharuskan menjual barang Rp 50.000 dan kamu akan mendapatkan beberapa persen dari penjualan itu.


Cara Kerja Bisnis Dropship


bagaimana sistem cara kerja dropship

Sebetulnya ulasan di atas sudah jelas untuk cara kerja dropship ini, tapi gak afdol kalau di bahasnya gak sampai mendetail ya. Jadi gambaran dari cara kerja dropship ini adalah proses jual beli yang di lakukan 3 pihak sekaligus (Suplier > Kamu > Dan Pembeli) Tak jarang pembeli gak sadar kalau sebetulnya kamu adalah dropshipper.

Apakah sama dropship dengan reseller? Ini adalah pertanyaan yang sangat sering saya dengar untuk kalangan orang yang baru mulai bisnis online. Jawabannya adalah TIDAK SAMA, kalau reseller biasanya kalian masih memegang barang / jasa tersebut seperti arti reseller secara harafiah yaitu 'Menjual Kembali'.

Tapi ironinya kebanyakan dropship ini di kira reseller, padhal jelas jauh beda, kalau dropship kamu tidak perlu memegang barangnya bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Palingan juga butuh modal untuk kuota dan pulsa agar bisa promo di sosial media dll.

Jadi jangan di samakan ya reseller dan dropship, dropship ini yang paing sering ibu rumah tanggan dan anak muda jalani, tapi ya gitu mereka menyebut dirinya reseller bukan dropshipper. Tapi ya gapapa sih orang si penjual gak tau, tapi kan lebih baik kalau menyebutnya sesuai namanya.


Keuntungan Bisnis Dropship


Keuntungan bisnis dropship sangat banyak, yang pasti bisnis ini cocok sekali untuk belajar dan mencoba berdagang online. Karena tidak ada salahnya juga mencoba menjadi dropshipper, karena tidak ada yang rugi. Palingan kalau tidak menemukan target dengan tepat ya susah untuk mendapat pembeli, lain kali saya buatin deh artikel tentang cara menjadi dropship agar mendapat banyak pelanggan.

Kembali ke keuntungan Dropship, yang pertama adalah Tanpa Modal, Karena semua sudah di atur oleh suplier kamu, dan kamu hanya banya banyak saja mencari pelanggan agar mendapat ung yang banyak pula.

Yang Kedua adalah tidak buang buang waktu, kalau kamu jualan online kan pasti ribet tuh untuk pengirimannya, belum lagi kalau yang beli hari sabtu dan minggu yang notabene jasa pengiriman barang tutup, jadi kalian bisa sedikit lega karena suplier lah yang akan ribet dengan pengiriman.

Yang ketiga yaitu menghemat tenaga, kalau ini sudah jelas ya kalian gak perlu repot repot beli dulu di pasar(Kulak, kalau kata orang jawa bilang) kemudian menjualnya di online gak repot lagi masalah packing. 

Yang keempat bisa untuk membangun relasi, keuntungan spesial dari menjadi dropshipper yaitu kita bisa mempunya banyak relasi baru dari sesama dropshipper maupun para pembeli, kalian bisa berkomunikasi seputar bisnis juga agar bisa menambah wawasan tentang jualan online.

BACA JUGA : Cara mencari peluang dan ide bisnis


Kerugian Menjadi Dropshipper


Ada keuntungan pasti ada kerugian dong apa saja kerugian menjadi dropshipper, kerugian yang pertama dan paling mencolok adalah ketika barang yang di kirim suplier pengirimannya tidak sesuai apa yang di pesan pembeli kamu lah yang akan kena semprot oleh pembeli bukan suplier.

Apalagi jika barang yang di kirim packingnya jelek / barangnya rusak pasti kamu kena marah habis habisan (Meskipun kadang ada pembeli yang baik hati, yang gak marah marah) Tapi saya sendiri kalau beli online dan barang yang sampai tidak sesuai pesanan ya pasti marah, jangankkan barang rusak pngiriman terlambat saja sudah saya marah.

Kerugian yang kedua adalah ketika kamu dapat pesanan dan ternyata barang di supliernya kosong kalian ya harus bisa membalas dengan cara yang membuat 'calon pembeli' tidak kecewa. Mainkan jiwa bisnismu di situ.


Situs / Tempat Yang Menyediakan Bisnis Dropship


Situs penyedia dropship dan reseller


Nah ini yang di tunggu tunggu kan, setelah mengetahui apa arti dan pengertian dropship secara jelas sekarang waktunya memilih penyedia bisnis dropship tersebut, sangat penting untuk memilih penyedia, yang pasti penyedia harus Trusted dan sudah tak di ragukan lagi kredibilitasnya.

Di bawah ini akan saya berikan daftar penyedia Bisnis Dropship yang terbaik dan sudah jalan tahunan jadi sudah tidak di ragukan lagi kepercayaanya :


1. Supplier.ID


SupplierID ini adalah situs yang menyediakan bisnis reseller dan dropshiper, disitu juga memiliki berbagai macam produk (Banyak Kategori) dan terus di update secara rutin oleh pemiliknya, jadi kamu akan terus menemukan barang barang baru yang cocok di jual sesuai keinginan audience kamu.

Disitu kamu akan menemukan produk seperti fashion, aksesories gadget, perlengkapan rumah tangga dan barang barang lainnya, ini sudah termasuk kumplit menurut saya ya. Tak hanya itu, supplierID juga akan memberikan banyak bonus untuk para reseller dan dropshiper nya, apalagi disitu kamu juga akan di bantu bagaimana cara meningkatkan penjualan, supaya terus mendapatkan pembeli.

Di supplier ID ini juga ada yang namanya premium member, saya kurang tahu detailnya, dengar dengar sih kamu akan mendapatkan keuntungan lebih besar jika menjadi premium member, mungkin pendaftarannya harus bayar dulu kali ya. Kalau kamu tahu tentang ini coba share di kolom komentar


2. Bandros.co.id


Tempat tinggal kamu di bandung? Bandros adalah situs penyedia bisnis dropship, tapi disini kamu harus membayar biaya pendaftaran dahulu sebelum memulai bisnis jual beli yang satu ini. Tapi tenang, di jamin gak akan nyesel kok kalau kamu mencoba menjadi member di bandros ini. Kamu akan mendapatkan ilmu juga di situ.


Bandros ini juga sudah ada aplikasi androidnya lo, jadi buat kamu yang kepo dengan cara kerja dropship yang satu ini langsung saja kunjungi situsnya. Dan lagi CS disitu baik dan cepat tanggap jika kemudian hari kamu mengalami masalah mereka akan segera membalas chat kamu.


3. Tokopedia



Tokopedia pada dasarnya adalah situs dan aplikasi jual beli online (Pasar Online / Marketplace) tapi tokopedia akan memilah milah jika ada supplier yang membuka bisnis dropship bagi yang mau ikut gabung. Kamu cukup mendaftarkan diri saja di tokopedia.


Keuntungan menjadi dropshiper di toko pedia yaitu kamu tidak perlu khawatir lagi terhadap kualitas barang, toh tokopedia adalah marketplace yang terpercaya. Kamu bisa cek reputasi para supplier di disana, pilih yag menurut kamu mempunyai barang paling baik dan mempunyai banyak feedback positif.


Keuntungan yang lainnya adalah barang yang di jual sangat beragam (Namanya Juga Pasar Online) Kamu gak akan takut kehabisan ide mau jual apa untuuk besok, cukup pilih pilih saja barang yang cocok menurutmu untuk kamu jual.


4. Weedo



Weedo ini lebih cocok untuk para dropshiper wanita, karena produk yang di tawarkan adalah seputar fashion wanita dan kosmetik. Tapi tak menutup kemungkinan pria juga bisa ikut berjualan, tapi ya kayak gimana gitu kalau pria jualan kosmestik hehe.


Weedo ini terletak di Batam , Kepulauan Riau Disitu kamu akan melihat berbagai macam kosmetik dan tas wanita yang di ulas secara detail, jadi gak perlu perlu lagi cari detail produk sendiri karena sudah di tuliskan. Tapi sama seperti Bandros, kamu di wajibkan membayar pendaftaran member terlebih dahulu sebelu memulai bisnis tersebut.


5. CakNing



Kalau ini adalah penyedia layanan Reseller dan dropshiper yang terletak di surabaya, seperti namanya Cak (Panggilan untuk Orang laki laki yang lebih tua) dan Ning (Panggilan untuk wanita) Disitu juga menawarkan berbagai macam produk.


Sama seperti yang lain, kamu juga bisa mendapat track pengiriman barang, jadi tak perlu khawatir jika barang yang di order pembeli gak sampai. Kamu akan di beri resi nya secara detail. Mirip mirip seperti di tokopedia lah, cuman ini lebih ke jasa layanan aja bukan pasar online.


Penutup...


Nah sekarang sudah pada paham kan tentang apa itu dropship? Dan sistem kerjanya juga saya ulas secara detil. Jadi tunggu apa? enak banget lo jualan tanpa modal itu, oh iya daftar situs penyedia dropship di atas adalah 5 dari sekian banyaknya situs serupa. Masih banyak lagi seperti buka lapak, shopee dll.

Situsnya bukanlah yang terpenting, tapi yang penting adalah bagaimana cara kamu menjual agar produk tersebut laku. Karena akan sangat susah jika tidak menemukan target yang pas, saya dulu pecah telor aja setelah beberapa bulan menawarkan produk. Dan sampai sekarang saya juga masih belajar lebih dalam lagi tentang bisnis bisnis online yang menjanjikan untuk jangka panjang pastinya.

Yasudah saya akhiri dulu ya artikel saya ini, sudah cukup panjang, dan lagi jari saya sudah mulai keriting nih buat ngetik artikel karena kemarin sudah menulis 4 artikel dalam sehari, jadi coba cek cek beranda djanarkos agar tidak ketinggalan seputar bisnis lainnya ya ^^ Thanks.

close