close


IGTV VS YouTube, Mana yang anda Pilih?

Kenaikan pengguna Instagram membuat Instagram menciptakan terobosan baru. Yaitu aplikasi IGTV. Insatagram sudah memiliki televisi sendiri. Tapi di sini pengisi salurannya bukan pihak IGTV, tapi Anda. Tak jauh beda dengan YouTube. Terus, apa itu IGTV? Simak saja artikel ini, pasti anda nanti tahu sendiri hehe

Namun perbedaan yang  paling kentara adalah, jika YouTube videonya kebanyakan dalam keadaan horizontal, di IGTV tampil dengan vertikal. Meskipun di YouTube maupun IGTV sama-sama boleh upload video vertikal maupun horizontal, tapi itu akan membuat tampilan video tidak bagus.

Kalau di Instagram pada umumnya memang sudah bisa mengupload video, tapi durasinya hanya dibatasi 1 menit. Sementara IGTV bisa lebih dari 1 menit, bahkan 1 jam. Cocok buat Anda yang suka upload video vlog.

Video yang diberikan beragam, dari kategori tertentu sampai umum, video lucu juga ada, video yang berisi opini tertentu juga ada. Memang tak jauh beda dengan YouTube. Tapi mungkin di IGTV tidak tersedia film atau webdrama mengingat bentuknya yang harus vertikal. Sedangkan kebanyakan film menggunakan bentuk horizontal.

Dalam hal ini mungkin YouTube yang lebih memimpin. Karena bagaimanapun itu ada ungkapan seperti "Kita bisa menemukan semua video di YouTube, tapi kita tidak bisa menemukan semua video yang ada di YouTube, berada di tempat lain."

Kalau soal tampilan, IGTV begitu kekinian sekali. Tampilannya tak jauh beda saat kita akan melihat story Instagram milik teman. Jika digeser, maka ganti ke video baru, atau disroll, akan muncul video lainnya.

Untuk berkomentar, tampilannya juga tak ada bedanya dengan YouTube. Kita tetap bisa berkomentar sembari video terus berjalan. Kalau soal pembuatan saluran, Anda bisa membuatnya dengan mudah. Masuk saja ke IGTV menggunakan Instagram Anda, lalu upload video, tunggu orang yang melihat, dan selesai.

Lalu apakah IGTV memberikan bayaran seperti di YouTube? Sayangnya tidak.
IGTV belum dibekali sistem tampilan iklan seperti yang kita lihat kebanyakan. Dan dalam hal ini, YouTube lebih memimpin dibandingkan IGTV. Lagi.


Tapi mungkin Anda bisa mencari penghasilan dengan mengiklankan produk orang lain. Seperti yang dilakukan oleh  kebanyakan para endorsment.  Lagipula Instagram memang tidak bisa dijauhkan dari yang namanya endors.

Kemudian coba kita nilai kenyamanan saat melihat video di IGTV maupun YouTube.
Coba bayangkan terlebih dahulu, sembari saya melempar pertanyaan, lebih nyaman memegang ponsel dalam posisi horizontal atau vertikal. Kalau saya sendiri lebih nyaman memegang ponsel dalam keadaan berdiri, alias vertikal.


Jadi di sini IGTV memimpin dibanding YouTube.
Lalu pemenangnya siapa? 
Tidak ada yang menang. Mereka sama-sama hebat di bidang masing-masing.

0 Response to "IGTV VS YouTube, Mana yang anda Pilih?"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai isi Artikel :)